Senin, 09 Mei 2011

Objek Wisata di Bogor ala Saya

Sebagai salah satu semi penduduk di Cibinong, Bogor, rasanya tidak salah apabila saya, selaku aparatur pemerintah, ikut mendukung program Visit Bogor 2011. Program ini adalah program pariwisata milik Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor. Sebenarnya saya gak terlalu paham maksud program ini sih..tapi intinya sih mencoba untuk mempromosikan Bogor ke Dalam dan dan Luar Indonesia. Nah, senyampang dengan datangnya libur panjang, saya akan mencoba menginventaris daftar lokasi wisata di Bogor. Saya tidak akan mempromosikan tentang Istana Bogor atau Kebun Raya Bogor karena sudah sering diliput. Saya akan menyajikan keindahan lain Bogor. Oleh sebab itu, saya, yang menobatkan diri saya sebagai Menteri Pariwisata Ala Kadarnya Jurusan Komplek LIPI dan sekitarnya (MENWISTALA NYARU KOPI), akan menindaklanjuti instruksi tersebut dengan meluncurkan program SI BOROK (viSIt BOgoR OK..). Saya akan mengeluarkan daftar objek wisata alternatif yang harus dikunjungi apabila anda datang kesini. Dan daerah-daerah tersebut adalah :

Komplek LIPI.

Komplek LIPI adalah salah satu komplek yang dikuasai dimiliki oleh LIPI (ya iyalaahhh…). Selain LIPI, di komplek ini juga ada kantor BAKOSURTANAL a.k.a Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Oke..di bayangan anda ini adalah komplek perkantoran. Jika anda berpikir seperti itu, anda memang benar. Namun jangan salah. Komplek ini mempunyai beberapa objek wisata yang berpotensi dan layak untuk dikunjungi. Yang suka ngeliat pemandangan, disana ada danau buatan yang lumayan menyejukkan mata. Namanya Danau Dora, katanya orang-orang sono sih. Perkantoran disana pun tidak layaknya perkantoran pemerintah pada umumnya. Rata-rata perkantoran di sana dikelilingi oleh pohon-pohon yang rimbun sehingga membuat nyaman orang yang bekerja disana. Desain bangunannya pun menggabungkan konsep "jadul" dan modern.

*Danau Dora*

Yang hobi mancing, komplek tersebut juga menyediakan lokasi pemancingan yang rindang dan tenang. Jadi tunggu apa lagi..segera hubungi kami…(lho..lho…kok malah kayak iklan property di tv yaa…). Oh ya, komplek tersebut dibelah oleh dua jalan raya yang rimbun. Trotoar untuk pejalan kaki berada di tengah-tengah dua jalan tersebut. Apa hebatnya? Woo..jangan salah, salah satu teman saya sampek ketagihan jalan di sono karena merasa dirinya berada di Sinema Asia “Winter Sonata”, Am I right uda Franko??

Tips untuk menikmati objek wisata ini adalah jangan datang menjelang maghrib karena suasana indah ini akan seketika berubah menjadi gelap gulita mengingat terbatasnya lampu. Yaa..kecuali yang mo wisata malam..saya persilahkan..Selain itu, bawalah banyak makanan atau kalo perlu rantang (dengan isinnya). Disana susah sekali mendapatkan makanan kawann..Warung terdekat pun agak jauh. Akses transportasi untuk mengunjungi objek wisata ini bisa dikatakan cukup mudah. Anda yang berasal dari Jakarta, silahkan mampir di Simpangan Pasar Rebo untuk naik bus dengan jurusan Kampung Rambutan-Bogor. Bilang saja ke kondekturnya “Bakos” berilah uang lima ribu. Selanjutnya biarkan bis itu mengantarkan anda ke tujuan.

Pasar Minggu Jalan Tegar Beriman.

Jalan Tegar Beriman adalah jalan raya paling besar di Kabupaten Bogor. Semua Instansi Pemerintah Kabupaten Bogor berada di jalan tersebut. Dan ya..setiap hari minggu jalanan lebar itu akan berubah menjadi lautan lapak-lapak. Itulah Pasar Minggu Jalan Tegar Beriman. Pasar ini bisa saya katakan sebagai hypermarket-nya Cibinong. Segala perlengkapan dan kuliner dapat anda jumpai disini. Pasar ini hanya akan anda jumpai pada setiap hari minggu dari jam 05.30-11.30 WIB (Waktu Indonesia Bagian Bogor). Pasar ini berada di sepanjang jalan Tegar Beriman yang panjangnya adalah…jujur..saya belum ngukur..tapi yang pasti kayak coki-coki..ppaannnjjaaannnggg dan laaammaaa…Mmm…yang tetep mo ngukur tuh jalan, silahkan kunjungi Google Map. Alasan saya menjadikan pasar ini menjadi objek wisata yang patut dikunjungi adalah karena selain lengkap, asal anda pinter tawar menawar, barang yang dijual relatif akan menjadi sangat murah. Tetap perhatikan kualitas brang yang akan anda beli karena beberapa diantaranya berstatus kayak NII. Yup..KW9 alias puallssuu bangget… Selain itu, disini adalah lokasi dimana semua warga Cibinong dan sekitarnya berkumpul which is ABG-ABG dengan pakaian-pakaian yang beraneka ragam berkumpul di daerah ini. Ya..pasar ini adalah Pusat Fashion dan Catwalk Cibinong. So yang mo cuci mata ato bahkan cari jodoh, saya sarankan anda mencarinya disini.

*cuci mata - cuci dompet*

Tips untuk menikmati riweuh-nya pasar ini adalah benar-benar siapkan stamina dan dompet anda. Yang staminanya tidak terlalu kuat, tenang saja. Disana juga ada angkot/ojek yag siap mengantarkan anda untuk berbelanja. Cara mengunjungi lokasi ini sama dengan cara mengunjungi Komplek LIPI. Ini karena jaraknya hanya 300 meter dari Komplek LIPI.

Tajur.

*surga para shopper*

Tajur adalah salah satu daerah yang mempunyai potensi di kerajinan kulitnya. Seperti Tanggulangin di Sidoarjo atau Pasar Ular (bener gak namanya??) di Jakarta. Lokasinya berada di Kota Bogor. Anda dapat menemukan semua hal yang berkaitan dengan kulit di kota ini. Sepatu, tas, ikat pinggang, sandal, bahkan saking niatnya, semua orang disana pada punya kulit semuaa…Pokoknya semua serba kulit lah. Harganya..relatif. Yang asli dan ber-branded luar negeri yaa..tau sendirilah harganya berapa. Namun yang harganya relatif murah pun cukup banyak. Saya bahkan bisa mendapatkan sepatu pantovel, ikat pinggang, dan sandal yang semuanya berstatus “full kulit” dengan harga 175 ribu. Soal kualitas, sampai saat ini ketiga barang tersebut masih dalam kondisi sehat wala'fiat dan dalam kondisi “ready to use anytime”. Tips berbelanja disana adalah, telitilah sebelum membeli. Pusatkan fokus anda kepada barang-barang yang didiskon. Jangan remehkan barang diskonan karena terkadang anda akan, asal sabar ajaa..., menemukan barang-barang bagus untuk anda disana. Disana juga banyak sekali tempat makan, jadi tidak perlu khawatir kelaparan. Saran saya cobalah untuk menikmati es duren. Mau tau alasannya?? Well..silahkan coba sendiri..

Objek wisata ini dapat dijangkau dengan mudah mengingat banyaknya kendaraan umum yang melewati daerah tersebut. Apabila anda dari Jakarta, silahkan naik bus jurusan Kampung Rambutan-Bogor dan turun di depan Botani Square. Selebihnya, silahkan tanya ke orang-orang disana, naik angkot apa ke Tajur.

Demikianlah Press Rilis Resmi dari Kementerian Pariwisata Ala Kadarnya Jurusan Komplek LIPI dan sekitarnya (KEMENWISTALA NYARU KOPI). Saya, selaku menteri, mengucapkan selamat berlibur, selamat bersenang-senang, hati-hati di jalan, selamat menempuh hidup baru, besok traktiran yaa, selamat hari raya, dan sebarkan press rilis ini kepada rekan-rekan anda semua. Hati-hati dengan barang bawaan anda. Mari bersama-sama kita sukseskan SI BOROK (viSIt BOgoR OK..)

Atas Nama Diri Sendiri

MENTERI PARIWISATA ALA KADARNYA
JURUSAN KOMPLEK LIPI DAN SEKITARNYA

ttd


AKBAR

5 komentar:

  1. KEMENWISTALA NYARU KOPI hahahahaha, sempel arek iki ...

    BalasHapus
  2. leh mbak..kamu bisa didakwa pencemaran lambang negara lho..ati-ati..

    BalasHapus
  3. mNa dUNk mas tmpAT wisata yG LaeN???
    masa' cm daNau DORa?????
    objEk wsata yG laEN yaNg lbiH MnAkjUbkaN???
    yg lbiH Indah pmaNdangannya..
    yg lEbih FaNtastIk dEch pokoK'a pAK mEntri..!!!!!
    hahah...
    oia..
    maU promosi jG nE pAk mNtri..
    jNg Lupha yE kUnjuNgi BLOG HusnA
    tU, pAk mENtri'a Ud d FOLLOW..
    FOLback yE pAK..???
    heheheh
    ^_^

    BalasHapus
  4. Danau dora itu, dari city mall cibinong ambil ke arah mana pak mentri? Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear adinda iin..Danau Dora terletak di tengah-tengah kawasan Cibinong Science Center atau biasa disebut Bakos..
      Jaraknya kira2 700 meter dari Cibinong City Mall..

      Hapus