Minggu, 21 Agustus 2011

Tips Persiapan Jalan-Jalan ke Ancol

Sebagai seorang "backpacker" (back: punggung, packer: pembungkus, backpacker : tukang bungkus punggung) yang gagal sejak lahir, saya jelas gak mau kalah dengan backpacker-backpacker berpengalaman lainnya. Kali ini saya akan sedikit berbagi informasi dan tips-tips apa saja yang harus teman-teman persiapkan sebelum jalan-jalan ke Ancol. Bagi yang belum tahu apa itu Taman Impian Jaya Ancol, saya akan sedikit memberikan informasi mengenai lokasi ini.
 
Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu kawasan wisata yang berlokasi di Jakarta Utara. Komplek wisata ini terdiri dari berbagai jenis tempat wisata diantaranya Pantai Ancol (satu-satunya yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya sajian "liveshow" dari pasangan muda-mudi hehehe..in my opinion sih), Dunia Fantasi (tempat wahana-wahana nih..Wahana Tornado dan Istana Boneka is recommended), Sea World (ini lokasi yang tepat untuk tahu rasanya jalan di bawah air yang ada ikan hiunya), Ecopark (ini lokasi baru..sampai berita ini ditulis, lokasinya masih dalam proses finishing), dan Pasar Seni (sayang..masih sepi...) serta Pulau Bidadari (ini yang belum sempat saya kunjungi huhu..). Sebenarnya masih banyak objek wisata di Taman Impian Jaya Ancol..tapi yaahh..hanya lokasi-lokasi ini yang saya rekomendasikan.

Baiklah..saya akan langsung memberikan tips-tips apa saja yang harus dibawa atau dilakukan saat teman-teman mau walking-walking di sono..

Pertama :
Rencanakan terlebih dahulu kemana saja lokasi yang akan dituju. Saya..dua kali berkunjung di tempat ini, bisa dikatakan gagal menyusun rencana lokasi mana saja yang akan dituju. Dan akhirnya..di dufan saya hanya bisa menikmati lima wahana saja dan pantai ancol..itupun kondisi sudah gelap. Namun, dari pengalaman itulah saya akan memberikan rancangan rencana yang mungkin dapat teman-teman gunakan. Usahakan tiba pukul 07.30 - masuk Dufan - main wahana (disarankan jangan naik Hysteria terlebih dahulu, kecuali masih sepi) ampek jam 15.00 - keluar dufan - ke pasar seni - ke pantai ancol - pulang. 

"diputer-puter"
Kedua :
Jangan khawatir mengenai transportasi. Lokasi Taman Impian Jaya Ancol sangat mudah diakses baik jalan kaki, naik motor, angkot, busway, taksi, dan sejenisnya, atau mobil. Tapii...sebagai backpacker rasanya kurang menantang apabila kita menggunakan kendaraan pribadi. Bagi backpacker gagal seperti saya, hanya ada tiga pilihan. Jalan kaki dengan resiko bakalan gak bisa jalan-jalan di Ancol karena gempor, naik angkot, atau numpang mobil orang lain. Karena saya adalah orang yang bermartabat dan berkaki lemah, maka angkot adalah pilihan yang tepat untuk backpacker tipikal saya. Nah...angkot yang saya tahu untuk menuju Ancol adalah naik busway. Hanya dengan 3,5 ratus (batja : tiga riboe lima ratoes), saya sudah bisa nyampek Ancol dengan nyasar hoho.. Satu-satunya jalur busway yang saya sarankan untuk menuju Ancol adalah jalur PGC-Ancol. Anda juga dapat menemukan busway jalur tersebut di shelter UKI karena jalur tersebut dilewati oleh busway ini. Dan percayalah, naik busway ke Ancol dengan jalur ini jauh lebih sepi penumpang dan sering daripada ke Ancol lewat jalur tengah kota.
Untuk angkot?? waahh..kalo yang ini saya angkat tangan..yang saya tahu, dari Kota Tua Jakarta ada angkot ke Ancol.hehehe....angkot apa?? sebagai backpacker saya sarankan teman-teman untuk bertanya. Gunakan GPS a.k.a Global Pitakonan System. Kali aja dengan bertanya anda bertemu dengan jodoh anda hehe.. Oh ya, khusus untuk Busway, shelter Ancol akan tutup pukul 21.00 WIB. Jadi bagi yang mau pulang naik busway, pay attention to ur visiting time...!! Namun bagi yang ketinggalan Busway, seperti saya..huhu.., tetap ada taksi yang dapat anda gunakan dengan resiko bayarnya jauuuuhhhh lebih banyak daripada naik busway. Info naik taksi : Ancol-Blok M Square : Rp. 52.750,-. (akibat ketinggaan busway huhuhu...)

Shelter Ancol
Ketiga :
Siapkan uang secukupnya. Saran saya, bagi yang ingin berkunjung ke Dufan, bawalah uang 300 ribu. Tiket masuk Dufan agak mahal. 150 ribu keatas. Sisanya buat makan. Saran saya, walaupun banyak spot jualan makanan di dalam Dufan, belilah makan di luar Dufan karena relatif lebih murah. Atau kalo terpaksa, beli saja di fastfood-fastfood ternama disana sepert McD. Ah yaa..untuk masuk Taman Impian Jaya Ancol, teman-teman akan dikenakan biaya sebesar 11,5 ratus. Untuk lebih jelas mengenai harga silahkan klik tulisan ini. Untuk masuk ke Pantai Ancol, teman-teman tidak akan dikenakan biaya. Yang patut diwaspadai adalah resiko masuk angin. Bagi yang ingin lihat "live show", silahkan berkunjung ke anjungan Pantai Ancol atau Pantai Ancol yang berbatu.
Keempat:
Siapkan fisik anda karena Taman Impian Jaya Ancol itu sangat luas kawan. Namun dengan menggunakan time management yang baik, bukan hal yang mustahal apabila anda berkunjung ke semua tempat wisata tersebut dalam satu hari. Caranya..sewalah ojek..jangan memaksakan diri jalan kaki karena bakalan capek banget kecuali anda adalah atlet triathlon. Oh ya, hati-hati juga dengan copet, meski tergolong aman, tidak ada salahnya apabila kita tetap waspada kan.

Nah..saya sudah membagi pengalaman saya. Bagi yang ingin share pengalaman ato bertanya, silahkan taruh di comment. Saya akan menjawabnya. Tentu saja dengan validitas jawaban 50% hehe...

Semoga info ini bisa berguna dan tidak menyesatkan..Aminn..

144 komentar:

  1. mbaca postingan ini sambil bayangin mukanya mas akbar yg lagi cerita sumpah ngakak abis kali yaa
    haha lucu >,<

    aku fitri mas, PSC angkatan 20 ..
    salam kenaaaal :))

    BalasHapus
  2. Halo fit...
    waahh..mang aku badutt...
    eniwei, makasih atas apresiasinya...
    Oh ya..aku angkatan 19...Salam kenaaallll... :))

    BalasHapus
  3. wah mau jalan2 aja perlu tips,
    he2,.
    tapi boleh juga nih biar gak kelabakan pas dah dilokasi

    BalasHapus
  4. Lho..jangan salah....semua harus direncanakan agar liburan yang harusnya menyenangkan tidak berubah menjadi disaster...

    BalasHapus
  5. liburan memang perlu persiapan,,
    supaya bisa lancar,,
    dan tentunya bisa menikmati liburan
    dengan menyenangkan dan seru,,
    thns gan tips2 nya
    nice info

    BalasHapus
  6. kalo ada yang mau share tips2 lain..silahkan dikirimakn ke punya.akbar@gmail.com yaa...

    BalasHapus
  7. Klo ke pantai ancol???Tiketnya brp dn prsiapannya apa aja?bgaimana dgn trayek angkutannya?trus kalo dari ancol menuju Bogor naik apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket masuk Pantai Ancol per individunya Rp. 15.000,- 9udah naik huhuhu..). Itu cuma masuk ke Pantai Ancol ya mas. Nanti kalo mau melipir ke Dufan, seaworld, dkk harus bayar lagi. Persiapannya. Like i said before. Siapin fisik ma duit. Kalo mo hemat ya bawa bekal ma tiker.. hehehe...

      Trayek angkutan yang saya bisa rekomendasikan adalah dari Bogor naik bis jurusan Bogor-Kampung Rambutan. Bisa Miniarta atau Deddy S Putra. Turun di Pasar Rebo. Lanjut ke shelter Busway. Cari Busway yang lewat PGC atau UKI. Disarankan turun di Halte Sutoyo BKN atau Cawang UKI. Setelah itu cari Busway PGC-Ancol. Dan sampailah ke Ancol...

      Have a nice holiday

      Hapus
    2. Apa boleh bawa makanan dari luar kak? Thanks

      Hapus
    3. Apa boleh bawa makanan dari luar kak? Thanks

      Hapus
    4. Kalau ke dufan, enggak bisa. Soalnya tas diperiksa, kak. Aku udh pernah ke dufan soalnya

      Hapus
  8. mau tanya dunk mas,,saia lg kuliah di bogor, klo mau naik motor k dufan rutenya gmn yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buseet...Jauh mas/mbak. Yang ada nyampek Ancol dah tepar duluan. Disarankan naik angkot aja. Rute yang disarankan bisa liat komen dia atas tulisan ini. Naik taksi juga boleh hehehe...

      Hapus
  9. masnya, kalo ke ancol bulan puasa tipsnya gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super sekali mas...Oh ya tips ini juga berlaku untuk pertanyaan yang sama ya..

      Tipsnya adalah datang ke Ancol agak sorean. Jam 3-4an lebih baik. Secara singkat ini nih trip planningnya. Datang-main wahana sampek jam 5-ke pantai ancol-cari makanan buat batalin -buka bersama sambil liat sunset-solat mghrib di pantai ancol (ada masjidnya) - mampir ke wahana lain - pulang.

      NB. Kalo mau pulang naik busway, jangan lupa shelter busway ancol tutup jam 21.00 yaaa....

      Hapus
    2. angkot dari kota tua M15 atau M15A itu kata yang udah pernah hehhehee...
      balasan tahun 2016 :D

      Hapus
  10. mas, kalau misalnya nih naik busway dari kampung melayu mau ke ancol itu gimana? ada transit-transit nya lagi nggak? kalau ada, transitnya dimana aja?

    nah, kalau naik yang PGC-Ancol itu, kalau dari kampung rambutan transit dimana? terus abis itu ada transit-transit lagi atau nggak?

    maaf ya, mas, kebanyakan nanya. saya nggak tau jalan solanya hehe. makasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..wah..
      Saya coba jawab ya mbak.
      1. Kalo dari kampung melayu, saya agak kurang paham. Kalo tidak salah transitnya dua shelter dari shelter kampung melayu. Nama shelternya lupa hehehe..maaff..ini bisa ditanyakan di petugas loket tiket busway di kampung melayu.
      2. Kalo dari kampung rambutan..saya sudah jawab pertanyaan yang sejenis dengan pertanyaan mbak. monggo dicek pertanyaan dari mas Aditya Kurniawan

      Salah satu kunci jalan2 adalah jangan malu untuk bertanya mbak. Selamat jalan2 ke ancol dan jangan lupa oleh-olehnya...

      Hapus
  11. bang kalo naek motor yang enak lwat mna bang, kalo dari cikini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa buka googlemap mas...saya biasanya lewat cawang trus ke arah priuk hehehe....

      Hapus
  12. bang kalo naek motor yang enak lwat mna bang, kalo dari cikini

    BalasHapus
  13. bang kalo naek motor yang enak lwat mna bang, kalo dari cikini

    BalasHapus
  14. walah.., sekarang tiket masuknya dah 235rb u/ weekday mas.. naek bener yah. Mohon penceerahannya neh mas cara cepet, aman and nyaman ke Ancol dari Bandara Soetta versi backpacker gimana yaa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. weleh...naik damri turun dari blok m trus lanjut naik busway mbak...

      Hapus
    2. Mending naek damri jurusan mangga 2, turun mangga dua di lanjut naik busway langsung ancol, sudah lumayan dekat koq sekitar 2 ato 3 halte lagi.

      Hapus
    3. nah...itu ada masukan lagi..well...selamat berlibur..

      Hapus
  15. klo di seaworld wahana apa yg bisa dinikmatin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahananya cuma liat kehidupan dalam laut mas..selebihnya ada pertunjukan-pertunjukan dari para peselam disana..

      Hapus
  16. Mau nanya,, kalau naik busway, kan nanti turunnya di halte busway ancol
    harus jalan ke arah mana untuk ke dufan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada arahnya kok mas...tapi masuknya agak jauh..perhatikan jam terakhir buswaynya yaa...

      Hapus
    2. Jauh gak mas jalan kakinya dari halte busway

      Hapus
  17. kalo dari cibarusah turun komdak gmna mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kagak paham mas??maaf..hehehe...cibarusah tuh apa??

      Hapus
  18. kalo dari bendungan hilir naik busway ke dufan gmn mas? sarannya dong berangkat jem berapa :) thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak salah busway tujuan harmoni trus nanti cr ke arah ancol mbak.. Kalo mau puas lama2 di Ancol, brangkat pagi aja mbak..jam 7-8an lah..

      Hapus
  19. Wuihh...dr 2011 ampe skrg msh aktif,hebat...
    Mo tny dunkz klo naek motor masuk ke ancolnya lwt mana yah?? Lets say,saya ngambil jalan dr Gunung Sahari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat pintu masuk utama mas..disitu nanti diarahkan sama petugasnya...maaf banget baru njawab pertanyaannya sekarang yaa...

      Hapus
  20. Kak mw tanya, kalo dari cikini mw naek busway ke ancol gmn ya? Enakan berangkat jam brp kalo mw nyampe ancol jam 10.30an?
    Naik dimana, turun/ganti shelter dmn?

    Trs seandainya naik taxi dr daerah ancol ke cikini kira2 brp ya kak?
    (misalkan ketinggalan busway)

    Makasi atas info nya ya!
    It helps a lot <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh..mau jalan2 yaa...aku gak terlalu hafal jalur buswa apalagi shelter2nya..hehe..maaf...yang pasti bisa make busway rute pgc-ancol . Busway ini kalo gak salah lewat kampung melayu. atau cari yang ke arah shelter harmoni trus lanjut ke ancol. Sangat disarankan untuk tidak malu bertanya ke petugas busway di shelter. Setiap shelter ada petugasnya kok.

      Kalo my nyampek jam segitu, disarankan berangkat jam 8-9an lah.. Nah, masalah taksi, aku gak tau kena berapa harganya..tapi siapin aja uang 200 ribu dan carilah taksi yang make argo ya..

      Semoga sarannya bermanfaat..ditunggu sharing cerita dan foto-fotonya yaa..

      Hapus
  21. halo mas, rencana nya bulan november sekolahku mo ke ancol, tp bingung neh kira2 yang paling seru lokasi mana aja ya?? kita rombongan anak sd ama emak-emaknya gitu. mohon idenya mas.. thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh...pasti serruuu tuuh..gak ngebayangin ribetnya juga..hehehe..

      Perlu diketahui bahwa Ancol tuh luaass banget sehingga agak tidak memungkinkan untuk mengunjungi semua wahana disana. Nah, ada beberapa destinasi yang bisa saya sarankan khusus untuk kunjungan dalam waktu 1 hari khusus buat anak SD
      1. Ocean Dream Samudra
      2. Sea World
      3. Dufan (kalo mau main wahana permainan) dan/atau Atlantis (main air)
      4. Ocean Ecopark dan Pasar Seni Ancol (nih buat belanja ma istirahat)

      Dan pastikan berangkatnya pagi mbak. Biar mainnya lebih puass.. Semoga bisa membantu..

      Hapus
  22. Minggu tgl 29 sep kmrn ke ancol, skrng tiket masuk ancolnya 17500, krn dari ciawi qta naek busway dari kp. Rambutan turun di pgc dan busway langsung ancolnya lamaaaa bgt :( dan ternyata di uki busway ancolnya g berhenti untung turun dipgc :). Tp pulang dari ancol qta turun di uki (aneh ya) krn plng naek omprengan yg ke ciawi. Anyway makasih y buat akbar jd punya bayangan berbacpekker ke ancol ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaahhh..makin mahaall...wah,akhirnya..berapa pasukan yang dibawa buat nyerbu ancol???

      Hapus
  23. bisa share jadwalnya ga , atau time management biar bisa menikmati semua yang ada disana.
    tolong di share ya detailnya, datang jam brapa trus kemana dulu dan seterusnya. hehehehe
    terimakasih

    kunjungin blog ane www.husniunyi1991.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tulisan saya di atas udah share time managementnya mas..hehehe..mungkin kawan-kawan yang lain ada masukan terkait time management??

      Hapus
  24. kakaaakk , aku mau tanya nih. Kalo dari permata hijau (kawasan kebyoran lama) ke dufan lebih baik dengan bus transjakarta atau kendaraan pribadi ya?
    tapi kalo dengan bustrans gmana rutenya?
    mohon jawabnya yaaa... Thankies xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...masalah lebih baik mana ini tergantung pribadi masing-masing mas/mbak.
      Kalo gak mau ribet yaa..naik kendaraan pribadi.. tapi kalo mau menikmati perjalanan murah ya naik transjakarta saja. Salah satu opsi rute yang bisa digunakan adalah..Bisa naik bis atau angkot ke blok m trus dari blok m ke harmoni trus dari harmoni lanjut ke ancol..

      Well...semoga bisa membantu dan jangan lupa share foto2nya yaa...

      Hapus
  25. kira" jlnn mau ke dufan banjir gk yah mas..?? soal'a saya n tman" mau k dufan bulan ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ancolnya sih nggak..tapi aksesnya yang mungkin macet..saran..naik busway ajaa...eniwei..maaf balesnya lama yaa...

      Hapus
  26. Kakak mau tanya dong,kalau dari mall gajah mada ke pantai ancol lewat mana klo naik motor?
    Trus gerbangnyakan bnyak kak,lewat yg mana ya,dan satu Ľªªƍî klo naik busway dari mall gajah mada gimna caranya?
    Makasih bnyak kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku naik busway jurusan harmoni trus pindah busway ke arah ancol..kalo naik motor, ikutin aja jalur buswaynya hehehe...

      Hapus
  27. wahahaha, bagus2 cara nulisnya, bsk eik mau ke Seaworld, secara ad mamah jd pasti ngga bs diajak jumpalitan di Tornado ato Histeria :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampir ke istana boneka...wahana yang seru abiss..

      Hapus
  28. ka mau tanya kalau dari ancol ke stasiun gambir naik apa ? atau sebaliknya gambir-ancol ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa naik busway ke harmoni trus lanjut ke ancol..mohon jangan ditelan mentah2 yaa infonya..
      hehe..

      Hapus
  29. Tulisan ini diposting sjk 2,5 th yll, namun smp sekarang masih banyak yg konsult....ckckck luar biasa. Saya udh sering ke ancol, n sekarang pertama kalinya bawa anak2 yg udh pada ABG....any sugestion please?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....suruh jalan-jalan sendiri aja mas..trus janjian ketemuan lagi buat makan bareng...anak-anak happy..mas ma mbak juga punya waktu pacaran lagi...huehehuehue...

      Hapus
  30. Ke ancol beach city jauh yah dari halte busway ancol ?? Rencana mau kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayaannn..tapi kayaknya ada di lingkungan ancol ada bis yang muter2 area ancol..termasuk ancol beach city..dan itu free...semoga saya gak salah..hehehe...

      Hapus
  31. kalo naik busway dari jelambar ke dufan , gmn ya urutan haltenya ? hehe .. maklum saya jarang sekali naik busway :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saran saya kawan.. coba cari busway tujuan harmoni atau BKN trus ntar pindah ke busway tujuan ancol..semoga bisa membantu...

      Hapus
  32. Mass sori mau nanya.. Klo dri priuk ke ancol msh jauh ga yah? Trus misal aku mau naik taksi, tujuannya ke atlantis.. Nah atlantis itu masih jauh ga dri pintu masuk? Biar skalian dianterin sama taksinya smpe tujuan.. Thx beforee ya mass... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak jauh kok..cepet kalo lewat jalan tol lingkar luar...gak jauh2 amat kok dari pintu masuk kalo naik taksi...tapi kalo turunnya di pintu masuk, nanti dari pintu masuk ada bis yang rutenya muter2 area ancol..termasuk atlantis...

      Semoga bermanfaat dan jangan lupa oleh-oleh yaa...

      Hapus
  33. Mas Akbar, klo mau ke Ancol naik APTB Cibinong - Grogol turun dmna? trus transit kmana? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. turun di shelter BKN atau sesudahnya..nanti pindah busway PGC-Ancol..naaahh...pesen penting saya mbak..jangan lupa oleh-olehh buat saya yaa......

      Hapus
  34. Bro, saya mo keancol ntar pas puasaan...jam operationalnya berubah ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak mas...siap2 bawa cemilan aja buat nunggu waktu buka puasa...hehehe...

      Hapus
  35. Keren bang akbar, pertengahan juli saya mau liburan dijakarta b2 sama istri. Kbtulan sblum plng kesolo dari pkbaru transit dulu di jkt 1 hari. Pertanyaannya kalo backpakers berdua lbh baik naik damri lnjt transjakrta ato naik taksi aja ya? Dari soetta ke ancol.. terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya naik taksi aja mas...jaraknya relatif tidak begitu jauh dari bandara kok...apalagi cuma punya waktu satu hari..kalo diitung2 mungkin biaya transportnya agak lebih mahal dikit..tapi efisien di waktunya..

      Hapus
  36. Bang akbar, kalo dari dufan ke bogor lbh baik naik buswas sambung APTB atau naik commuter line ya? Rutenya bagaimana ya, dr ancolnya naik apa? Brp lama jarak tempuhnya kira2,bang? Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik comuter bisantar turun di stasiun ancol..saya kok lebih prefer naik busway ya mas/mbak..naik aptb..turun di uki trus naik busway jurusan PGC-Ancol..nyampek deh..ya kalo lancar 1-2 jam lah

      kalo kereta, kalo gak salah ya.., turun di manggarai trus cari KRL tujuan stasiun Ancol.kalo yang ini aku lum pernah nyoba hehehe...nanti kalo jadi naik kereta, share disini yaa...

      Hapus
  37. mas akbar itu artikel bikin riang dan antusias pengen cepet jalan jalan ksana haha
    kalo pake motor di parkirannya aman mas? kalo ke pantai ancol jam operationalnya samp jam brapa?
    saya dari (Cikarang) bekasi mas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh..ayo mas..berangkat ke Ancol...pastinya ada mas..cuma ya itu..saya gak tahu lokasinya..maklum...waktu itu gak naik motor mas mas..naik busway juga enak banget mas..seringnya sepi dan gak berdesak-desakan....

      Hapus
  38. Terimakasih atas tipsnya Bang Akbar semoga sukses "Backpeker"nya......Mudah-mudahan bermanfaat bagi org banyak...... Amin

    BalasHapus
  39. Mas kalo dari pgc ke ancol naik motor jalurnya lewat mana aja ya? Takut nyasar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara paling gampang supaya gak nyasar adalah...ikutin aja jalur busway pgc-ancol...niscaya tidak akan nyasar..bermanfaat sekali bukan saran saya ini..hohoho...

      Hapus
  40. Mas kalo mau ke ABC Mall dari stasiun ancol gimana ya transportasinya? thanks...

    BalasHapus
  41. Baru tadi siang backpacker-an bedua ama istri ke Ancol + Kota Tua. Naik CommuterLine dari Sta Tanah Abang turun di Sta Kampung Bandan. Lanjut naik M15 bilang aja ama sopirnya mau ke Ancol, ntar diturunin di jembatan gantung menuju gate ancol, bayar 3rb aja. Sebenernya dari Sta Kp Bandan udah deket cuman ga tega ama istri ane hehe. Bayar masuk Ancol 25ribu (sabtu). Ada bis wara wiri gratis siap antar keliling Ancol, pilih bis bluebird (ada AC), kalo yg lain ga ada AC hehe. Backpacker pantang pake taxi kecuali kepepet hahaha...

    BalasHapus
  42. Mantafs infox mas Akbar, sangat bermanfaat. Rcn mau ke Ancol bertiga dg 1 orang isteri dan 1 orang anaj, he..he
    Turun dari shelter busway Ancol, jalan2 ke obyek2 wisatax nsik apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tidak salah ada bis untuk muter2 kawasan ancol mas...

      Hapus
  43. Selamat pagi mas, mau nanya, saya Ama dari Semarang. rencana tgl 3-4 maret besok Saya akan ke Jakarta. Plan saya, saya dari stasiun senen pagi tgl 3, lngsung ke penginapan murah di seputaran ancol-dufan, ada rekomendasi tempat menginap murah yang mudah akses transportasinya??

    begitu sampai penginapan, saya akan ke Dufan dari pagi sampai sore, trus lanjut ke ancol beach city Mall untuk lihat Doraemon. apakah bisa info kan mengenai transportasi nya dari Dufan ke Ancol Beach city Mall? Apakah bisa ditempuh dengan jalan kaki, ya ? karena saya juga backpacker, maka ngirit dan limit budget adalah hal utama, hahha .., mohon info nya yam kamsia ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan..saya balesnya telat banget...semoga mas/mbak udah nyampek ancol sama ketemuan sama doraemon...eniwei, saya malah belum ketemuan dengan doraemonnya huhuhu...*malahcurhat

      Hapus
  44. Halo mas, kalo saya dari Serpong enaknya naik apa ya? Kalo bisa yg gausah naik mikrolet/angkot gitu.. (cukup kereta, busway dan jalan kaki aja)

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik kereta..turun di cawang/sudirman..trus naik busway pgc-ancol / harmoni-ancol..atau sekalian mau jalan kaki dari serpong hehehe...

      Hapus
  45. mas saya dari lampung mau ke ancol enak nya rute nya gimana ? rencana nya mau cari penginapan di kota tua , jadi dari kotu ke ancol pulang pergi gimana rute nya mas :) terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Sisca..Mohon maaf saya baru bales...

      Disarankan ke turun di mangga dua mbak..mudah-mudahan masih bermanfaat hehehe...

      Happy holiday...

      Hapus
  46. Mas akbar,saya mau tanya nih..
    Kalau di dalam ancol kendaraan yang bisa kita sewa apa aja yaa? Cz biar kitabisa bebas keliling.. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bis yang muter2 ancol mas...dan itu free toll hehehe... jadi bisa make wahana itu..sepertinya ada beberapa stand yang menyewakan sepeda juga..cmiiw

      Hapus
  47. Mas akbar, saya dr serang banten..
    Rute yg pas kemana ya? Turun rambutan, priok, atau kalideres ya? Trus kmana lg..
    Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari busway tujuan harmoni..trus pindah jurusan ke ancol..

      maaf banget baru bales ya mas fuad...semoga masih bermanfaat..

      Hapus
  48. Super sekali info nya. Thanks banget bro akbar...kerennnn

    BalasHapus
  49. kalo ke dufan naik taxi dari jakarta kota bayarnya berapa ya? hehe terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaaf banget..hampir setahun baru kebaca..

      kalo naik taksi sekali, bayarnya sekali aja..kecuali situ sudah buat perjanjian sama kang taksinya kalo bayarnya dicicil...

      hehehe

      Hapus
  50. Mas akbar mau tanya nih..
    Klau naik busway turun di ancol..
    Nah dari ancol ke dufan nya masih jauh atau tinggal jalan kaki....????? Heheheheh Makasih sebelumnya... 😊😊😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. deket jalan kaki aja.. cuma 10 menit

      Hapus
    2. waaahhh..senengnya ada yang bantu ngereply...iyaa deket banget...tinggal ngesot 10-15 menit sampai kok...

      jangan sampai kemaleman pulangnya yaa...setahuku, shelter buswaynya gak buka 24 jam...

      Hapus
    3. Hahhaha makasih mas udah dijawab... ����

      Hapus
  51. wah..mau jalan2 ajah sudah ada tips ya..mantap gan.infonya.
    jadipengen jalan2 lah ni ke ancol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana-gimana??

      sudah jalan2nya?? ada yang baru gak?? istana boneka masih ada kan??

      Hapus
  52. mas kalo mau ke ancol naik motor dari cawang trs arah nya kemana yaa dan brp lama perjalanan nya mas ??
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arahnya ke priok mas atau bisa via mangga dua juga..

      lamanya?? lumayanlah..kira2 sama kayak dari ancol ke cawang hehehe...bisa setengah jam kalo gak macet mas..

      Hapus
  53. Kalo dari kalibata ke ancol naek bus nya dmn yah mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. naik angkot ke PGC aja..kayaknya rute busway PGC-Ancol masih ada deh...

      Hapus
  54. Mas akbar saya mau nanya , kalao rute tangerang balaraja ke ancol naik bus bagai mana yah caranya? Mohon di bales mas , makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permohonanmu saya kabulkan diajeng Intan..

      Diajeng..cara naik bus tidak sesulit yang diajeng pikirkan. Diajeng Intan tinggal datang ke halte bus terdekat dan lalu ketika ada bus berhenti, diajeng tinggal masuk lewat pintu yang telah disediakan dan whaallaaa...diajeng sudah naik bus..

      Demikian jawaban dari kakanda..Semoga diajeng terpuaskan..

      Terima kasih

      Hapus
  55. mas, kan saya liat harga tiket motor ancol 15rb, itu motornya aja atau udh sama orng nya?? atau orng nya beli tiket lagi? mohon di jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor aja mas..tidak termasuk pengendaranya...jadi pengendara termasuk juga penumpangnya akan kena biaya tersendiri

      Hapus
  56. Mas saya mau jalan dr bekasi ke ancol kira kira enaknya naik busway atau kereta ya.kalau naik kereta turun dimana trus naik apa lagi?oh iya dr gerbang ke pantai klo jalan kaki jauh ga,atau ada kendaraan ga?soalnya bawa anak kecil.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik APTB trus turun di halte semanggi trus pindah shelter ke arah mangga dua..trus tanya aja petugas disana mas..

      Kalo naik kereta kayaknya lebih cepet deh mas..kayaknya ada KRL yang tujuan stasiun Ancol..

      Oh ya..ini sekalian buat semua yang nanya. Ada panduan dari ancolnya.
      Silahkan buka: https://www.ancol.com/get-directions


      Nanti di ancolnya ada free bus untuk mengunjungi seluruh wahana di Ancol mas. Mulai dari Dufan sampai Atlantis..

      Jadi jangan khawatir bawa anak kecil ya mas... Jangan lupa bawa cemilan dan minuman yang segambreng...disono panas bingit...

      Hapus
  57. Mas saya mau jalan dr bekasi ke ancol kira kira enaknya naik busway atau kereta ya.kalau naik kereta turun dimana trus naik apa lagi?oh iya dr gerbang ke pantai klo jalan kaki jauh ga,atau ada kendaraan ga?soalnya bawa anak kecil.makasih

    BalasHapus
  58. Saya mau tanya mas Akbar, saya kan anak perantauan baru nih ya pengen jalan jalan ke dufan ancol, kalau dari Cikarang naik apa ya? Mohon jawabannya terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari cikarang bisa naik mayasari / agra tujuan kp rambutan turun di halte cawang uki lanjut via busway tujuan ancol cmiiw

      Hapus
    2. iyaaa..itu bisa...terima kasih sudah bantu menjawab..

      Hapus
  59. Mas mau tanya kalo udah beli tiket nanti pas mau naik wahananya bayar lagi atau ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahana dufan? Tinggal bayar tiketnya semua wahana bisa dicoba ga usah bayar lagi kecuali main bebek bebekan di danau cmiiw

      Hapus
  60. Mas mau tanya kalo udah beli tiket nanti pas mau naik wahananya bayar lagi atau ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak...kecuali beberapa wahana tertentu yaa..

      tapi kebanyakan wahananya bisa make tiket terusannya sih..

      Hapus
  61. Sekalian mau nanya nih mang , penginapan murah sekitaran ancol / yang bisa ke ancol naik trans sebentar dimana ya?

    BalasHapus
  62. Mass kalo dari gerbang utama ancol smpe ke dufan naik apa yakk??sekalian keluar dri dufan ke pintu utama lagi :D mohon bantuan :D gatau jalan nihh

    BalasHapus
  63. Mass kalo dari gerbang utama ancol smpe ke dufan naik apa yakk??sekalian keluar dri dufan ke pintu utama lagi :D mohon bantuan :D gatau jalan nihh

    BalasHapus
  64. Mas mau tanya kalo ke ancol dari cikarang barat lewat mana y? saya naik motor bareng keluarga. thx infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan naik motor mas.. Jauh bgt, nanti cape djalan.. Kasian juga anaknya..

      Hapus
  65. Mas saya dr bogor mau ke pantai ancol naik kreta turun di stasiun mana? Terus naik apa lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turun st. Kota trus naik mikrolet m15 kl ga salah jurusan priok..
      Ato tanya aja angkotnya lwt ancol apa ngga..

      Hapus
    2. Turun st. Kota trus naik mikrolet m15 kl ga salah jurusan priok..
      Ato tanya aja angkotnya lwt ancol apa ngga..

      Hapus
  66. mas mau tanya, kalo dari gerbang tiket ke pantai ancolnya jauh ga ?, aq belum pernah klo jalan kaki .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauuhhhhh...lumayanlah kalo buat jalan..tapi kalo mau,ada free ride untuk keliling2 seluruh area ancol..termasuk ke pantainya juga...

      Hapus
    2. Berapa mas kalo biasanya dari pintu maduk ke atlabtis

      Hapus
  67. mas punya referensi utk penginapan murah deket pantai ancol?
    budget 200-300 utk semalem

    BalasHapus
  68. Mas kalo mau pulqng dari dufan naik taxi caranya gimana ?

    BalasHapus
  69. Ihhh lucu deh, gw bacanya sambil senyum-senyum hehehhe... thanks anyway infonya

    BalasHapus
  70. Mau nanya dong min...
    Kalo dari parkiran ancol ke atlantis emang jauh banget ya??
    Trus masuknya emang bayar ya 15 ribu per orang??

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak jauh kok..iya..masih 15 ribu kayaknya...

      Hapus
  71. Misi bang akbar, mo nanya nih, kalo ke ancol ato dufan bawa motor, perlu sim ga yah? Soalnya sim saya belum jadi2 nih, karena bulan puasa dan bentar lagi mo lebaran, pengurus simnya pada lelet semua wkwkwkwkw, mohon balasannya ya bang, trims

    BalasHapus
  72. Mau tanya dong mas, kalo dr halte transjakarta ancol, mau masuk ke dufannya jauh ga jalannya? Kalo dr halte trans misal lanjut grab/gocar bisa masuk smp ke depan pintu dufannya ga grabnya? Dan sebaliknya, dr pintu dufan mau pulang, grab/gocar bisa masuk smp ke dalem ga ya? Maklum mau bw anak kecil takut capek jalannya. Makasih ya

    BalasHapus
  73. Bawa Karpet Buat duduk Duduk, wahh seruu..

    BalasHapus