Minggu, 01 Mei 2011

Diklat Prajabatan (Prajab) : 10 Tips, Cerita, dan Kenangan





Diklat Prajabatan, atau sering sekali disebut Prajab, adalah diklat yang wajib diikuti oleh setiap Calon Pegawai Negeri Sipil. Yaa..secara lulus diklat ini berarti kita akan semakin dekat untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil.

Eniwei, saya coba akan merangkum apa saja yang terjadi di dalam Diklat Prajab tersebut. Well..saya dan 154 rekan-rekan seperjuangan di Prajab tergolong beruntung. Jika rata-rata teman-teman yang lain harus menunggu kurang lebih setahun untuk mengikuti diklat ini, maka sebagian besar dari kami hanya menunggu tiga bulan untuk dapat mengikuti prajab. Rasanyaa?? wah..jangan ditanya..saat pertama kali dikasih tahu bahwa "Akbar..dua minggu lagi kamu ikut Prajab yaa..Prajabnya tiga minggu", yang ada dalam pikiranku adalah "omaigot...aku udah terlanjur bayar kos penuh nih..rugi besarr.." oke..serius..yang pasti deg-degan..dan sejak saat itu aku mulai mencari informasi tentang prajab serta melengkapi semua persyaratan-persyaratannya. Ini tips pertama yang akan saya berikan kepada teman-teman. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang Prajab. Kalo perlu dari beberapa sumber. Karena terkadang narasumber agak sedikit melebih-lebihkan ceritanya. (termasuk dari sumber ini hehe...) Tips Kedua adalah tidak perlu membawa barang yang aneh-aneh seperti setrika, kipas angin, ac, atau peralatan dapur karena akan disita. Bawalah barang-barang yang sifatnya personal saja seperti peralatan mandi dan baju secukupnya serta uang sebanyak-banyaknya (percayalahh...segala sesuatu di prajab akan berhubungan dengan uang)

*solat subuh berjamaah*

*sarapan bareng*

Lokasi prajabku adalah di daerah sekitar Ciawi. Lokasinya lumayan dingin. Mungkin diantara kalian juga akan prajab di lokasi ini. Lokasinya adalah di PPMKP milik Kementerian Pertanian. Apabila salah satu dari kalian mempunyai lokasi yang sama dengan saya, maka siap-siaplah bertemu dengan Pak Oni, dkk. Beliau-beliau inilah yang akan menemani kalian selama masa prajab berlangsung. Oh ya..suasana Prajab di PPMKP disini sedikit lebih disiplin daripada tempat-tempat diklat yang lain. Mulai dari rambut yang harus digundul setengah sentimeter, jam malam, hingga detil pakaian yang begitu diperhatikan. Tips Ketiga buat temen-temen yang mo ikutan Prajab : Siapkan persyaratan yang dibutuhkan selengkap mungkin. Jika disuruh potong rambut maksimal setengah senti..ya potonglah seperti itu..bahkan kalo perlu kurang dari itu. Jika disuruh bawa kemeja putih bawahan hitam, maka saran saya bawalah kemeja yang polos saja. celana kain yang polos, dan ikat pinggang yang formal yah...tanpa ada aksen tengkorak atau warna-warni di ikat pinggangnya.). Carilah sepatu kulit yang polos saja. Oh ya..bawalah kertas folio dan bolpen yang banyak..karena nanti akan ada tugas resume..

*peserta yang "terlalu" rajin*

*yel-yel before Apel*

Akan ada tiga pelajaran utama yang akan diajarkan selama Prajab ini. Yang pertama adalah pelajaran tentang materi, yang kedua adalah pelajaran tentang PBB, dan yang ketiga adalah pelajaran tentang senam. Biasanya tiga pelajaran ini yang akan diujikan di akhir Prajabatan nanti. Khusus untuk pelajaran tentang materi..siapkan obat anti ngantuk kawan-kawan. Jika tidak, saya jamin anda akan tertidur..jauh semakin dalam..semakin lelap dari sebelumnya.. Nah Tips keempat buat teman-teman semua adalah selama prajab, tidak perlu neko-neko. Main aman..ikuti aturannya..dan tidak perlu berontak. Selama kalian seperti itu, insya allah teman-teman akan lulus. Oh ya..sistem reward and punishment tetap ada selama prajab ini. Yang salah akan kena hukum dan yang berprestasi akan mendapat penghargaan. Tips Kelima : Jangan lupa untuk selalu mengisi absensi. Ini poin yang penting karena salah satu penilaian lulus tidaknya kita di Prajab adalah jumlah kehadiran kita di setiap sesi. Oh ya, jangan sampai kalian sakit. Panitia tidak akan memberikan toleransi khusus masalah absen ini meskipun kalian, ekstrimnya, sakit parah sekalipun. Jumlah tidak absen ;ebih dari toleransi absen = tidak lulus. Kesimpulannya, nikmati saja apapun yang terjadi selama prajab karena kita di prajab tidak akan sendirian.

*senam pagi*

*PBB*

Ngomong-ngomong tentang tidak akan sendirian. Saya merasakannya sendiri. Mulai kebersamaan dengan teman satu kamar yang lintas instansi, Kebersamaan dengan rekan-rekan sekelas, dan kebersamaan dengan rekan-rekan seangkatan. Saya sekamar dengan dua orang yang luar biasa yaitu Asep (BPPT) dan Mas Arif (LKPP). Tips Keenam : Jagalah kekompakan dengan teman sekamarmu. Ini penting karena selama prajab, mereka adalah orang-orang terdekatmu. So terima kasih banyak buat Asep dan Mas Arif yang sudah banyak membantu saya selama Prajab berlangsung.

*Futsal timeee...*

Masuk ke teman sekelas.. Dengan merekalah sebagian besar kehidupan kita di Prajab akan dihabiskan. Saya berkenalan dengan banyak teman-teman baru yang cihui dan hebring pisan. Mulai dari yang males banget sampek yang rajin banget..untuk yang satu ini, saya acung 4 jempol buat Adit..Bener2 disiplin ni bocah. Teh iin sia' dan kang dani yang mengajarkan saya Bahasa Sunda ala setan dan malaikat, Echa dan Fusi, dua kartini yang bisa tidur di segala sikon, Mas Agus Beatboxer (jangan dibaca nge"beat" sambil make celana boxer lho yaa) yang mengajarkan bagaimana tidur dengan baik tanpa ketahuan widyaiswara, Kang Asep yang menjadi Ketua Kelas Paling Pinter seangkatan termasuk juga paling jail. dengan KORPRI GAME (I think i must say thanks for him for find that game), Asti, gadis ceria yang mengajarkan para cowok di kelas menjadi feminim, dan masih banyak lagi yang gak mungkin ditulis semuanya dalam tulisan ini. Yang pasti, mereka semua benar-benar teman-teman yang luar biasa dan saya merasa beruntung punya teman-teman seperjuangan seperti kalian.


Prajab tidak melulu tentang pelajaran, PBB dan senam. Kebersamaan secara intens tentu saja menimbulkan efek samping. Yup..ini berhubungan dengan masalah perasaan. Cinta Lokasi adalah hal yang menjadi rahasia umum dalam diklat prajab ini. Ada yang mendapat pasangan setelah diklat prajab seperti teman sekelas saya, Dika-Deka dan Ratih-Rosyid (khusus pasangan ini, walaupun belum jadian, kabar terakhir menyebutkan mereka masih sering bertemu walau jarak cukup jauh memisahkan mereka berdua). Dan tentu saja yang putus setelah prajab juga ada. Tips Ketujuh : Khusus yang sudah ber"cincin", jagalah hati kalian. Fokus saja untuk lulus. Buat yang belum ber"cincin", disinilah momen untuk kalian untuk mencari. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Kalopun tidak dapat, setidaknya, ada cerita yang bisa kalian ceritakan setelah Prajab nanti.

*Duo R*

*Say it with song...*

Kita masuk ke kebersamaan dengan teman-teman seangkatan. Gak bisa dipungkiri lagi bahwa selama diklat prajab kita semua menjadi dekat. Azas Sok Kenal Sok Dekat benar-benar diaplikasikan secara nyata disini. Di prajab, biasanya panitia mengadakan acara khusus untuk satu angkatan yaitu malam keakraban. Di malam itulah tidak ada perbedaan kelas. Semua jadi satu. Kalopun ada, perbedaan itu muncul saat kita bersaing dalam menjelek-jelekkan kelas lain (dalam hal positif lho yaa..). Saya, yang secara tidak sengaja diminta salah satu pemandu acara tersebut, ikut merasakan feel kebersamaannya. Bahkan ada acara pernyataan cinta segala...baik yang antar kelas maupun lintas kelas.. Ah ya..Tips Kedelapan : Manfaatkan momen ini untuk menyatakan cinta karena tidak akan ada momen yang tepat lagi. Kecuali di luar Prajab tentunya. Tips ini hanya untuk yang belum ber"cincin" lho yaa..

*Ketika sang Imam Mudharat turun gunung..*

*See..it's not just always about serious thing right??*

Meskipun tergolong ketat, namun panitia tetap memberikan kesempatan kepada peserta diklat untuk meninggalkan lokasi diklat. Biasanya jam keluarnya adalah antara jam setelah apel malam sampai dengan batas akhir jam malam, hari sabtu-minggu (tergantung panitia), dan waktu-waktu tertentu untuk keadaan yang benar-benar genting (khusus untuk yang terkahir, anggap aja tidak ada). Tips Kesembilan : Manfaatkan waktu keluar itu dengan sebaik-baiknya. Jalan-jalan dengan teman sekelas adalah salah satu cara me-refresh diri. Pada saat itu saya dan teman-teman sekelas memanfaatkan waktu tersebut untuk jalan-jalan ke mall. Bayangkan 17-20 orang dalam satu mobil..wooww...so amazing??

*gerombolan TKI*

Mendekati akhir prajab, maka peserta akan disibukkan dengan persiapan menghadapi ujian. Belajar buku-buku yang tebelnya segambreng, latihan PBB sampek kaki gempor, dan latihan senam sampek keringetan. Tips Kesepuluh : Jaga kesehatan. Kerjakan ujiannya dengan baik. Khusus untuk ujian tertulis, jangan sampai ada jawaban yang kosong atau mengisi dengan jawaban yang aneh-aneh.

Setelah melakukan ujian maka kita akan masuk dalam upacara penutupan. Upacara ini adalah acara yang paling diinginkan namun paling dibenci oleh setiap peserta. Diinginkan karena disinilah akhir dari diklat dan kembali ke rumah. Dibenci karena di upacara inilah peserta akan terpisah satu dengan lainnya. So..adegan haru-haruan dan nangis-nangisan akan menjadi menu tambahan selama acara ini berlangsung. Oh ya, biasanya di upacara ini juga akan diumumkan kelulusan peserta dan siapa-siapa saja peserta terbaik.

*Penampakan Peserta terbaik*

Jadi yang mau ikutan prajab..Siapkan diri kalian...dan nikmati saja segala dinamika yang ada di dalamnya. Untuk teman-teman yang mau sharing tentang Prajab, saya siap menfasilitasi di blog saya.

*it's me..*

N.B. Oh ya, kabar terakhir menyebutkan mulai tahun 2012, prajab akan diselenggarakan selama 3 bulan.

91 komentar:

  1. Akbarrrrr.....
    bayar royalti hayooo!!!
    udah masang fotoku di blogmu :)

    btw, blogx asik, akbar bgt, hahaha

    BalasHapus
  2. ups...salah satu narasumber muncul...hahaha....

    BalasHapus
  3. bar, kuwi fotoku yang terlalu rajin kok kowe iso entuk ki piye??? asem...

    royalti...

    BalasHapus
  4. q minta ke imey cup hahaha...resiko punya relasi tukang foto2 di prajab ya gini ni cup jadi...bersabarlah...terimalah nasibmu anakku..

    BalasHapus
  5. hahahahahaha....

    fotonya lucu tapi keren kok,,,,

    BalasHapus
  6. like this!! mohon doa restu nya, oktober nanti kami akan prajab ^^ di lokasi yang sama dengan mz mz dan mb mb :p
    ada saran lain??? tips and trick??? hehehe

    BalasHapus
  7. Rena : lucu tapi keren...bagus..baguss...terima kasih...
    Thaluluut : salam kenaaalll...wahh...dari K/L mana??
    saran?? hati-hati masuk angin..udara disana cukup dingin..apalagi waktu apel malam..bbrrrr.....

    BalasHapus
  8. salam kenal juga mz ^^
    thalut dari BNP2TKI mz hehehe, tahu gag yah??
    haduuuhhh apel malam sering yah mz?? jam berapa? boleh pake jaket gag mz?? hehehe
    mz mz, kamar mandi nya di dalam kamar atau di luar kamar??
    kopassus nya galak tak?? horor niiihhh T,T

    BalasHapus
  9. thalut yaa..wahh..ini nih yang ngurus TKI..
    Aku coba jawab ya..
    1. Ya..bisa dikatakan tiap malam kamu akan apel malam lut..(dipinggilnya tha ato lut nih??). Boleh make jaket kok..cuma nanti kamu akan ditempatkan di barisan teman-teman yang sakit dan hamil..sebenarnya selain mengantisipasi dingin, kamu juga harus mengantisipasi pegel..maklum..kalo gak lancar, bakal lama berdirinya.
    2. Kamar mandi dalam..tenang aja...
    3. Gak ada militerisme kok..tenang aja..mereka gak make kopasus..cuma dibandingkan dengan tempat diklat yang lain..disana agak sedikit lebih disiplin..dinikmatin aja..liat deh foto2nya..masih pada bisa senyum dan tidur dalam kelas kan...hehehe...

    BalasHapus
  10. xixixixi, thalut ngurusin pegawainya aja maasss hehehe
    bebas mas, mau dipanggil tha, lut apa thalut hehehe ^^
    1. mang tiap jam berapa c mas apel nya? habis kelas malam? berapa lama kalau 'normal dan lancar'?? hehe
    2. alhamdulillaaaahhhh kalau di kamar ^^
    3. katanya kami pake kopasus maaass,, tapi gag taw ini bapak2 cm nakut2in kami atau beneran T,T
    emang bentuk kedisiplinannya kek mana mas?
    4. ada toko kelontong dekat??
    5. beneran gag boleh bawa setrika???
    6. mas boleh minta email mas?? kalu2 mendadak mau nanya2 hehehe
    terima kasih banyaaakkkk
    best regards,
    thalut

    BalasHapus
  11. waahh..bagian kepegawaian yaa..
    Oke..aku jawab yaa..
    1. Apel dilaksanakan biasanya pukul 9 malam. jam ini bisa berubah sesuai dengan kebutuhan. Bisa lebih cepat atau lambat. Apel..maksimal adalah satu jam. Ni pengalamanku sih..
    2. Mengenai kopasus, yah pengalaman yang sudah-sudah sih tidak ada kopasus. Tapi kalo misalnya besok kamu mendapat pengawas yang kopasus..yaa..selamaaattt!!!
    3. Ada Toko kelontong kok..supermarket juga ada. cuma harus jalan kurang lebih 100 meter dari TKP
    4. Gak boleh. Tenang aja..kamu gak akan sempet nyetrika disana. eniwei, disana ada laundry kok.jadi jangan khawatir..
    5. monggo..email saya : punya.akbar@gmail.com. Cuma saya menyarankan agar diskusinya disini saja. Biar rekan-rekan yang membutuhkan informasi ini juga dapat terinformasikan. Gimana??

    BalasHapus
  12. hehehe iyah mas, dan ternyata kita gag pake kopasus hahahahaha alhamdulillaaahhhhh
    toko kelontongnya lumayan yahhhh, olahraga hehe
    berarti, online terus yah mas, biar keep update dengan thalut di sana hihihi, minggu depan dimulaiiiii >,<
    oia banyak yang nebeng tanya, materi prajabnya gimana mz? apa aja ik?? susah gag?? ujiannya tiap minggu apa di akhir prajab??

    BalasHapus
  13. siap-siap ya lhut...materinya seperti yang disebutkan dalam tulisan saya..buanyak dan sedikit membosankan..Masih inget pelajaran PPKn ato PKN ato PMP? yah...kurang lebih materinya muter di area2 situ saja..ujian akan akan dilaksanakan di akhir prajab. Susah?? tergantung..tapi tipsnya..asal gak ada yang soal yang kososng, niscaya kamu lulus...selamat menikmati prajabnya...

    BalasHapus
  14. huwaaaahhhhh semangat semangat >,<
    doakan kami yah mas ^^

    BalasHapus
  15. salam kenal.. tips - tips nya oke,,, makasih sudah berbagi,,, semoga prajab kami nanti juga lancar.. ^^

    BalasHapus
  16. salam kenal juga g3styana...semoga tipsnya bisa membantu...eniwei, prajab dimana??

    BalasHapus
  17. sama di ciawi juga ^^

    BalasHapus
  18. oh yaa...wahh...darin instansi mana?? golongan berapa??

    BalasHapus
  19. prajab 2012 lamanya 47 hari gan.....

    BalasHapus
  20. "prajab 2012 lamanya 47 hari gan....."

    Yaa..berarti masih sama lah...denger2nya sih konsep dari prajab dan diklatpim terkait jangka waktunya akan segera dirubah..

    BalasHapus
  21. kayae tempatku maret ini, di Semarang mungkin..
    jadi... beda lokasi ya... hehehe.
    denger2 sih 21 hari...
    berharap dapet yang terbaik... Amiin..

    BalasHapus
  22. ada waktu buat berhubungan dengan pacar g?maksudnya telfon2an gtu. . . . katanya sama sekali ga bisa dri pagi smp malam g ada waktu buat pegang hp dan tidak diwajibkan jga. . .emang bener??????????????

    BalasHapus
  23. "ifah berkata...
    kayae tempatku maret ini, di Semarang mungkin..
    jadi... beda lokasi ya... hehehe.
    denger2 sih 21 hari...
    berharap dapet yang terbaik... Amiin."


    Jadi..gimana prajabnya? was it fun??

    BalasHapus
  24. "Leeya blog berkata...
    ada waktu buat berhubungan dengan pacar g?maksudnya telfon2an gtu. . . . katanya sama sekali ga bisa dri pagi smp malam g ada waktu buat pegang hp dan tidak diwajibkan jga. . .emang bener??????????????"


    wahahahaha...tenang...menurut pengalaman saya dan rekan-rekan saya telpon2an sama kekasih tetap bisa dilakukan. Tentu saja dilakukan pada saat senggang atau waktu istirahat. Tianggal manajemen waktu aja..
    well..tapi ini tergantung sikon di TKP Prajab juga sih..
    Prajab dimana?? ntar share ceritanya yaa...

    BalasHapus
  25. nice info.. insyaallah saya akan prajab di PPMKP tgl 7-30 Juli 2013 saat bulan ramadhan.. btw,, mohon infonya dari rekan2 yang pernah prajab di bulan ramadhan? apakah sama seperti prajab diluar bulan Ramadhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah sama mas...tetep nginep selama beberapa minggu. Sabtu-minggu bebas..cuma nanti ada tambahan acara buka bersama, tarawih, dan sahur bersama..

      nanti share suka duka prajab pas puasaan ya mas..

      Hapus
  26. Mas, perlu bawa laptop nggak kalau diklat prajab? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada larangan untuk membawa laptop kok...tapi tergantung lokasi tempat prajabnya juga...prajab dimana nih??

      Hapus
  27. aku baru lulus CPNS udah ketar ketir nyari info buat prajab :D karena udah berasa horor gitu, padahal mulai kerja aja belum hehe
    setelah ketemu tulisan ini, sepertinya prajab itu seru ya mas
    do'akan semoga lama prajabku nanti gak nyampe 3 bulan
    meski berbeda pulau, tipsnya bisa dipake kan :) terima kasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang ajaa... eh, tapi tergantung lokasi prajabnya yaa...kalo kena yang militeris yaa...siap2 aja hehe...

      Kalo tidak salah masih 1 bulan deh prajabnya...keterima dimana nih?? selamat yahh..

      Hapus
  28. salam kenal mz akbar hiznu, saya baru lulus CPNS kementan tinggal menunggu pembekalan sama prajab tapi lumayan lama bikin bingung n seneng juga nih.
    untung ketemu tulisan ini jadi lebih fresh n ketiwi2 sendiri bacanya walau belum d jalani.spt d katakan miss_forg katanya 3 bulan prajab,a dan prajab itu tip instansi ato lebih dari 1.
    terimakasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh...salam kenaalll...tapi sekarang belum berlaku kayaknya...ini di tempatku masih 3 minggu prajabnya..

      Hapus
  29. Mas akbaar..haha telat bgt nemu blognya.sy hari ini mau ujian Msh galau soalnya nanti kaya apa. Tp kayanya biasa aja yaa asal ga aneh2 jawabnya.hehee.. thank u for sharing. Sasti-kepegawaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. gmana mbak sas??lulus gak?? jangan lupa oleh2 yaa....

      Hapus
  30. mas, emang ujian prajab soalnya essay ya??????????

    BalasHapus
  31. salam kenal mas akbar. akhirnya dapat info tentang prajab,,kalau boleh tau biasanya setelah pembekalan langsung prajab atau kerja di kantor dulu beberapa bulan baru nanti prajab???heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung masing2 instansi yaa...ada yang langsung prajab..ada yang kerja dulu sekian lama trus baru prajab...

      Hapus
  32. Slm kenal mas, aq jg msh #horor dgr prajab, tp ya ntr klo dpt panggilan biar mengalir saja, mas, yg aq tanyakan, kita dpt srgm olahraga, atau bawa sendiri? Aq liat foto2 di atas, ad yg srgm, ada yg tdk. Trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang dapat..ada yang tidak..biasanya kalo ada pengukuran baju sebelum prajab..itu artinya nanti belum tentu dapat seragam...hehehe...

      Hapus
  33. Salam kenal mas , ªķΰ juga mau prajabatan tpi masih nunggu SK nihh ,
    Dag dug juga bayangin disana gimana , heeheh -- mana aturannya juga jozz . . Kira2 semua cpns itu pasti lulus diklat gak yaa ??

    BalasHapus
  34. Saya sedikit dag dig dug dengan peraturan prajab. Mohon doanya supaya sukses di prajab gan. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang aja gan..selama absen dan gak neko-neko..niscaya lulus...ntar kalo lulus..ditunggu traktirannya..terima transferan kok...

      Hapus
    2. Mas mw tanya dunk apa prajab di ppmkpitu ada yg tidak lulus ak bru prajab nih di ppmkp..ktmu ma pak ony dkk...

      Hapus
    3. sejauh ini gak ada mas..kalopun ada, ya karena dia sakit sehingga gak bisa ngikutin prajab..

      Hapus
  35. Bagus mas ceritanya , dapat memberi gambaran tentang diklat prajabatan...

    BalasHapus
  36. mas kalau prajab kesamaptaan bener2 ga boleh megang hp ya? kalau udah 10 hari kesamaptaan pulang atau lanjut diklat yang lain? hp dikembalikan kan setelah prejab kesamaptaan? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh..berarti hp sudah disita ya???
      harusnya hapenya dikembalikan dunk...kalo gak dikembalikan minta ganti iphone 6 aja..hehe...eniewei, ntar share ya pengalaman prajab kesamaptaan...

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Selama prajab nanti kira2nya kita harus menyiapkan dana berapa ya.. (dari awal sampai selesai )..? biar nyiapin dulu uang nya nih... atm disana ada ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya maksimal 500 ribu..atm ada tapi agak jauh mas...

      Hapus
  39. Saya baru lulus CPNS tahun ini dan dan tidak tahu mau seperti apa dan kapan prajabnya. Tapi setelah lihat informasi dari blog ini ada sedikit pencerahan. sepertinya seru ya...trims.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. mau tanya saya lulus cpns bulan april dan baru terima sk cpns bulan september, sekarang kondisi hamil 5 bulan. menurut pengalaman tahun2 sebelumnya kira2 berapa alam jarak dilaksanakan prajab dari turun nya sk atau dari pengumuman cpns, mau memperkirakan apa masi memungkinkan ikut prajab. terima ksih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..ini tergantung instansi tempat mbak bekerja..ada yang cepet seperti instansi saya..ada juga yang harus nunggu setahun dulu baru prajab..monggo dikomunikasikan dengan bagian kepegawaiannya ya mbak..happy pregnant!!!

      Hapus
  42. Mas mau tanya.
    kira2 apa ada yang ga lulus pra jab nya? brarti ga diangkat pns?
    terus kalau ga lulus karena apa tau ga?
    kalau ga lulus kita dsuruh ngulang lgi tahun depan atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada...tapi jarang..biasanya karena tidak memenuhi batas minimal absensi atau kelakuannya selama prajab gak karu-karuan (ini jarang banget..hehehe).
      Ya..karena lulus prajab adalah salah satu syarat untuk diangkat jadi pns, berarti kalo gak lulus prajab gak bisa diangkat jadi PNS..biasanya sih disuruh ngulang lagi mas...intinya..jangan terlalu parno mas..selama mas bisa memenuhi absensi dan berkelakuan baik,niscaya akan lulus...amiinn..

      Hapus
    2. terima kasih sekali atas jawabannya

      Hapus
  43. MAlam mas.. mau nanya untuk di bnp2tki sedang hamil boleh mengikuti prajab kan? Ada persyaratan khusus ga ya untuk ini? Apakah lapor dulu ke bnp2tki lg hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh...istrinya keterima di bnp2tki yaa..selamat...pengalaman saya sih pas prajab banyak temen2 yang lagi hamil...kayaknya selama dinyatakan sehat masih diperbolehkan ikut prajab kok mas...tentu akan ada perlakukan khusus selama prajab berlangsung..tapi tergantung aturan di instansi penyelenggara prajabnya juga sih...

      Hapus
  44. Jadi diikut sertakan yang lagi hamil?apa harus laporan dulu ke bnp2tki ya kondisinya? Tahap pemberkasan itu udah langsung lulus kan ya? NunggNunggu SK prajab brp lama dari pemberkasan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama dokumen yang diisyaratkan dalam pemberkasan lengkap dan benar, insya Allah lulus mas.. biasanya sih SK CPNS sudah diterima sebelum prajab..

      Hapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Mas au nanya untuk prajab 2015 brapa lama ya masa prajab nya?

    BalasHapus
  47. Wah, iseng search pengalaman prajab, muncul tulisan mas Akbar.
    Ooo begitu to prajabnya PNS,, makasiii banget udah berbagi & sepertinya rajin menjawab pertanyaan2 yg muncul, heheh.
    Keep sharing mas & God bless. -ernitaize

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siipp mbak ernita...maaf banget nih baru bales...

      Jadi mau ikutan prajab dimana??

      Hapus
  48. Mas untuk pakaian kira2 butuh apa aja??
    Trus pakaian hitam putihnya minimal bawa 2 pasangkah?? Maksih blognya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan cuma 2..minimal 3 lah..buat jaga-jaga...prajab di PPMKP juga kah??

      Hapus
  49. 15 juni ini saya insya Allah akan Diklat PraJab di Provinsi Kaltara, di Tarakan.. agak gugup sih. Soalnya gak tahu medannya gimana disana ;))
    Cuman sedikit terbantu dengan blog ini, tetap semangat dan semoga bisa lulus. Aamiin. Makasih ya buat informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata prajab sih sama mbak..semi militer dan tugasnya segambreng..Amiinn...berapa lama prajabnya mbak??

      Hapus
    2. Mas biasanya kalau prajab yg diutus dari satker nya rame2 atau sendiri2? Seru bgt kayaknya ya.... Cant wait hihi><

      Hapus
    3. Biasanya satker sih yang ngehandle...cieeee...yang mau prajab cieee....

      Hapus
  50. Thanks for sharing...
    Just remembering every single moment passed n
    It was amazing...^^

    BalasHapus
  51. Balasan
    1. Amiiinnn...sampai sekarang sih masih 3-4 minggu...jadi..mudah-mudahan mas/mbak masih kena yang 3-4 mingguan..

      eniwei, seru atau tidaknya sebenarnya balik ke diri kita masing2 kok..kuncinya adalaha enjoy aja..kalo dibuat enjoy,niscaya keseruan dan cinta bakal hadir pada saat prajab nanti...

      peace, love, and gaoooll..

      Hapus
  52. Lagi searching2 tentang prajab, dan ini tulisan yang paling menenangkan hehe..Karena ada foto cewek lagi senam masih boleh pake rok. Keseluruhan menikmati baca pengalaman prajabnya.

    Tapi mas kalo boleh tau,apa semua instansi prajabnya sama atau yang membedakan kegiatan2nya adalah tempat/lokasi prajabnya?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang tulisan yang lain serem2 semua yaa..

      Nah..sekarang bagian gak nenanginnya.

      Pelaksanaan prajab pada intinya dikembalikan ke instansi penyelenggara prajab tersebut. Hasil sharing dari teman2, bisa jadi ada perbedaan perlakuan dalam pelaksanaan prajab. Semua tergantung request instansinya atau konsep prajab yang dipunya penyelenggara prajab..

      Jadi bisa jadi prajab di X militeris banget...eh yang di Y sipilis banget.


      Nah...mulai gak tenang kan kamu???

      Hapus
  53. alhamdulillah ikut prajab mahkamah agung RI 2015, di pusdiklat MA RI megamendung-bogor. total pelaksanaan 2 bulan. 3 minggu dilokasi diklat, 3 minggu magang (bisa kembali ke satker atau satker lain dalam instansi yg sama), 1 minggu lagi kembali ke diklat. buat laporan aktualisasi macam bikin skripsi lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan yg pasti prajab MA RI unsur militeristik nya masih kental dengan melibatkan pelatih dari marinir cilandak. ngeriii.. haha

      Hapus
    2. Mas Gumilang..jadi cakim kah??
      congrats eniwei...make pegang senjata gak mas??

      ntar kalo jadi hakim, jangan nakal yaa...

      Hapus
  54. Salam kenal mas akbar..lucu baca tulisan blog nya...hahhaa..seruuuuuu....
    Saya baru lulus tes masuk CPNS d Kementan..penempatan Bbpp binuang...

    Mau tanya mas..soal ujian nya esay (open answer) gitu atau multiple choice ya..???

    Terima kasih
    Salam dari Kalimantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Congrats mbak retno.. Salam kenal dari saya. Dimana itu Binuang??

      Dulu saya gabungan esai sama multiple choice mbak. Sudah dapat jadwal prajabnya??

      Hapus
  55. Alhamdulillah, cukup memberi gambaran serba serbi diklat prajabatan.. 😃😃

    Masnya seru bgttttt..
    Ini cerita berbobot tp jd terasa ringan.. hihihi.. 🤩🤩

    BalasHapus