Rabu, 22 Juni 2011

Sisi lain Dunia PNS

Wooww...serius..menjadi PNS tidak sesantai yang dibayangkan. Bayangkan, saya, yang notabene masih CPNS, saja mulai kewalahan dengan jadwal kerjaan dan rapat yang begitu memsapi (babi haram) buta. Bahkan kasubbag hingga jajaran diatasnya saya juga mulai jarang muncul di ruangan karena begitu banyaknya undangan rapat yang kayak undangan konsernya Justin Bieber.

Tentu saja segala sesuatu yang berlebih itu memang tidak baik. Termasuk kelebihan rapat. Salah satu yang saya mulai rasakan adalah semakin besarnya lingkar pinggang saya. Gimana tidak melar, lha setiap rapat dicekoki makanan terus. Dan yah...berat saya naik 8 kilogram selama 6 bulan ini.

Ah ya.. ngomong-ngomong soal sibuk, ini saja saya baru saja bangun dengan kondisi masih berpakaian kerja. So..bisa dilihat betapa tidak santainya dunia PNS (saya).

Sebenarnya ada yang menarik dari dunia PNS. Pekerjaan PNS ini seolah-olah dibenci namun sebenarnya dirindukan. Kita dapat melihat begitu banyak anggota masyarakat yang begitu mencibir pekerjaan ini. Gaji butalah..Gak ada kerjaanlah..Bisa boloslah..koruptorlah..dan sebagailah... Namun ironisnya pada saat pembukaan lowongan PNS, yang daftar...wiiidiiiih....bisa sampek angka ratusan ribu orang. Saking ngototnya, bahkan ada yang sampai berantem. Apa gara-gara karena tergoda dengan kesan gaji buta? Yah..dunia PNS..dibenci namun dirindu.



Lalu kenapa kamu masuk dunia PNS bar? Pertanyaan yang sulit sekali dijawab. Jujur..pada saat interview pun, saya juga bingung harus ngejawab apa. Well..tulisan singkat ini bukan untuk mengdiskreditkan pekerjaan PNS. Saya hanya mencoba melihat dunia PNS dari sudut pandang saya. Mungkin ada rekan-rekan yang mau share pengalamannya??

By the way, mungkin bulan depan sudah akan banyak pembukaan pendaftaran CPNS. Mulai siapkan diri anda rekan-rekan. Scan semua persyaratan administrasi seperti KTP, ijazah, daftar nilai, SKCK, Kartu Kuning, dsb. Siapkan juga legalisirnya. Selamat berjuang!!!

2 komentar:

  1. iya,saya sangat setuju, sejak kerja PNS tidak bisa santai. akan menjadi orang paling sibuk lagi bila menjadi PNS yang mempersiapkan bahan rapat, atau laporan kepala kantor atau kepala dinas dengan Atasannya lagi .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi masih nganggep PNS santai?? ato memang kebetulan kita senasib ditempatkan di instansi yang lingkungan kerjanya gak bisa santai..which is harus bersyukur hehe....

      Hapus